Sistem Informasi Strategis/SIS (Strategic Information System) adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui kontribusinya pada tujuan strategis perusahaan atau kemampuannya untuk secara signifikan meningkatkan kinerja dan produktivitas
Competitive advantage dapat dicapai dengan berbagai cara, misalnya menyediakan produk dan layanan dengan murah, menyediakan produk dan jasa yang lebih baik dibandingkan kompetitor, atau memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
Keempat tekanan utama :
1. Ancaman masuknya pesaing baru.
2. Daya tawar pemasok.
3. Daya tawar pelanggan/pembeli.
4. Ancaman Substitusi produk/jasa.
Peranan SIS
1. Membangun cost-effective
2. Membangun kompetensi dan resource yang sesuai dengan organisasi
3. Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk layanan
4. Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
5. Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Manfaat
>Meningkatkan Operasi Bisnis,
>Mempromosikan inovasi bisnis,
>Mempertahankan pelanggan dan pemasok.
>Membentuk biaya pengganti(switching cost)
>Membentuk tembok pengahalang bagi pendatang baru
>Membangun suatu ‘Platform’ TI strategis
>Mengembangan sistem Informasi Strategis
Berbagai Strategi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. Sebuah perusahaan tentunya terus mencoba utnuk mengembangkan strategi yang ditujukan untuk mencapai posisi yang menguntungkan utuk perusahaan tersebut.
Strategi-strategi yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan yang kompetitif yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk memenangkan persaingan. Berikut pembahasan atas strategi tersebut :
1. Cost Leadership Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi biaya terendah dalam industry, dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari pemasok, dan menurunkan biaya ke pelanggan.
2. Differentiation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain, yaitu dengan cara : memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk atau jasa yang berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.
3. Focus Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan pada produk atau jasa khusus dalam organisasi.
4. Innovation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
5. Alliance Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain bahkan dengan para pesaing.
6. Growth Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan danmendiversifikasi pasar.
7. Quality Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan kualitas dari produk atau jasa.
Contoh Sistem Informasi Strategis:
1. Rekaman Pertandingan Basket LA Lakers
Los Angeles Lakers mendapatkan keuntungan. Chris Bodaken, koordinator rekaman untuk Los Angeles Lakers (nba.com/lakers/), menginap di kantor selama bulan April. Dia menyuting berjam-jam rekaman video secara besar-besaran untuk membantu tim tersebut mempersiapkan diri bagi penampilan rutinnya dalam pertandingan final. Jika kembali pada saat-saat dia harus secara manual membuat rekaman dengan menggunakan beberapa VCR yang diletakkan bersebelahan, rata-rata waktu tidunya saat itu adalah satu jam per malam.
Strategi yang didukung : efektivitas operasional, diferensiasi, inovasi, waktu
2. Peningkatan Penjualan National Geographic.
National Geographic Society/NGS mempunyai 10 juta gambar digital yang sangat mengesankan.Hingga saat ini, para pelanggan menghubungi secara langsung staff penjualan di NGS image sales, yang akan mencari dalam file foto organisasi tersebut foto yang diinginkan. Untuk memudahkan para pelanggan, NGS menciptakan situs e-commerce media digital bisnis. Para pelanggan dapat memilih gambar sesukanya dan tinggal membayar lisensinya untuk dapat menggunakannya. dan banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran seperti melalui kartu kredit atau dapat melalui pesanan pembelian, serta pilihan untuk mengunduh/dowload gambar atau menerima CD atau slide.
3. eBay menggunakan online auction (lelang online) sehingga pembeli berkompetisi untuk mendapatkan harga terendah
4. Wal-Mart melakukan pemesanan produk menggunakan global satellite tracking
3. eBay menggunakan online auction (lelang online) sehingga pembeli berkompetisi untuk mendapatkan harga terendah
4. Wal-Mart melakukan pemesanan produk menggunakan global satellite tracking
Youtube Strategic Information Systems
Ebay Online Auction
Referensi:
1. http://syn-lab.blogspot.co.id/2010/12/strategic-information-system.html
2.https://joulisinolungan.wordpress.com/2014/12/10/aplikasi-eksternal-sistem-informasi-strategik-sistem-inter-organisasi/
3. http://ferskip.blogspot.co.id/2010/02/sistem-informasi-untuk-mencapai_22.html
NRP : 5115100057
Nama : Naufal Pranasetyo F
Referensi:
1. http://syn-lab.blogspot.co.id/2010/12/strategic-information-system.html
2.https://joulisinolungan.wordpress.com/2014/12/10/aplikasi-eksternal-sistem-informasi-strategik-sistem-inter-organisasi/
3. http://ferskip.blogspot.co.id/2010/02/sistem-informasi-untuk-mencapai_22.html
NRP : 5115100057
Nama : Naufal Pranasetyo F
0 comments:
Post a Comment